Kumpulan Informasi Terbaru Seputar, Teknologi, Aplikasi dan Tutorial Android.

Sunday, October 4, 2015

10 Jenis Malware Yang Paling Sering Menginfeksi PC

| Sunday, October 4, 2015
Virus komputer merupakan serangkain program yang memiliki perintah tertentu yang dibuat untuk tujuan jahat. Ya! Virus biasanya diciptakan untuk memperoleh data berharga dari PC seseorang kemudian setelah data yang berharga tesebut didapat maka si penyebar virus akan menggunakan datatersebut untuk bertindak  kejahatan.
Namun, tidak semua virus diciptakan untuk berbagi informasi, ada juga virus yang sengaja diciptakan untuk merusak perangkat milik orang lain. Jadi, apabila sobat peduli dengan data berharga dan keawetan PCmu sobat bisa menginstal antivirus diperangkat komputermu.
Ngomong-ngomong masalah perihal virus nih, sobat tau enggak virus apa saja yang paling sering menyerang?
Nah, Inilah 10 Malware yang paling sering menginfeksi PC kalian:

1. Adware Generic
Adware Generic ialah sebuah software yang dapat menginstal acara komplemen yang dapat menampilkan atau mendownload iklan dan toolbar yang tidak sobat inginkan. Adware Generic dapat melacak penggunaan web dikomputermu atau hasil browsingan dikomputermu yang kemudian akan menimbulkan komputermu menampilkan iklan yang tidak sobat inginkan dan bahkan ada yang membajak browsermu dengan menampilkan Search Engine yang bukan biasa di pakai. Adware Generic sendiri sudah menginfeksi 100 juta pengguna yang hampir seluruhnya menggunakan sistem operasi windows. Sedangkan di bulan ini saja Adware Generic sudah menginfeksi lebih dari 5 juta pengguna baru diseluru dunia.

2. LNK/Autorun
LNK/Autorun ialah software berbahaya yang menginfeksi file-file dan program-program lainnya serta memiliki kemampuan untuk meniru diri (mengcopy). Virus ini bisa mengurangi kapasitas hardisk dan memperlambat PC dan yang lebih parahnya lagi virus ini bisa menghentikan semua tugas yang ada di PC sobat. Virus ini juga bisa menghapus data, mencuri data, dan bahkan virus ini juga bisa merusak hardisk . Link/Autorun sendiri sudah menginfeksi lebih dari 100 juta pengguna sistem operasi windows dan dibulan ini tercatat LNK/Autorun telah menginfeksi 1 juta pengguna baru.

3. Trojan Horse Generic  
Trojan Horse Generic ialah sebuah kegiatan jahat yang dapat memungkinkan hacker untuk mengakses PC sobat dari jarak jauh dan hacker tersebut dapat dengan leluasa memodifikasi file, mencuri data dan menambahakan acara yang tidak sobat inginkan. Trojan Horse Generic sudah menginfeksi 50 sampai 100 juta pengguna windows dan pada bulan ini telah menginfeksi lebih dari 1 juta pengguna baru.

4. Toolbar MyWebSearch
Toolbar MyWebSearch hampir mirip dengan Adware Generic. Namun, Toolbar MyWebSearch merupakan satu set tindakan yang berisikan banyak hal gangguan dan yang tidak kita inginkan adalah membuat browser kita menjadi sangat lamban dan menampilkan iklan-iklan yang mengganggu. Toolbar MyWebSearch telah menginfeksi lebih dari 50 juta pengguna dan pada bulan ini Toolbar MyWebSearch telah menginfeksi lebih dari 1 juta pengguna.

5. SHeur
SHeur merupakan salah satu jenis malware dari golongan Trojan Horse. bisa dikatan cara kerja dari SHeur sama dengan Trojan Horse Generic. SHeur sendiri bisa ada di PC sobat alasannya karena sobat mendownload suatu data dari website yang telah terinfeksi malware tersebut atau ada alasannya menginstal game online dan software absurd dari internet. SHeur sudah menginfeksi 10 sampai 50 juta pengguna windows dan pada bulan ini telah menginfeksi lebih dari 500 ribu pengguna.

6. AdPlugin
AdPlugin yaitu jenis malware yang termasuk kegolongan Adware dan cara kerjanya sama dengan Adware. AdPlugin telah menginfeksi lebih dari 10 juta pengguna windows dan dibulan ini sudah menginfeksi lebih dari 500 ribu pengguna.

7. Elex
Elex merupakan Adware yang cara kerjanya sama dengan Adware Generic dan AdPlugin. Elex telah menginfeksi lebih dari 10 juta pengguna windows dan bulan ini Elex telah menginfeksi lebih dari 500 ribu pengguna.

8. VBS/Dropper
VBS/Dropper merupakan sebuah software berbahaya yang pada saat dibuka akan membagi virus sehingga dapat mengcopy dan menginfeksi program-program lainya. Akibat yang ditimbulkan virus ini sama dengan LNK/Autorun. VBS/Dropper telah menginfeksi lebih dari 10 juta pengguna windows dan dibulan ini telah menginfeksi lebih dari 500 ribu pengguna.

9. LNK/Agent
LNK/Agent adalah sebuah virus yang cara kerja dan akhir yang ditimbulkanya hampir mirip LNK/Autorun dan VBS Dropper. LNK/Agent dan jenis malware dari golongan virus memiliki kemampuan untuk menghapus data/file, memformat hardisk, mencuri data dan membajak layar PC korbannya. Virus jenis ini biasanya sering ditemukan di folder spam yang ada di email. LNK/Agent telah menginfeksi lebih dari 10 juta pengguna dan bulan ini telah menginfeksi lebih dari 500 ribu pengguna.

10. LNK/Starter
LNK/Agent yaitu sebuah virus yang cara kerja dan akhir yang ditimbulkanya sangat mirip dengan LNK/Autorun, VBS Dropper dan LNK/Agent. LNK/Starter dan jenis malware dari golongan virus memiliki kemampuan untuk menghapus data/file, memformat hardisk, mencuri data dan membajak layar PCmu. Virus jenis ini biasanya sering ditemukan di folder spam yang ada di email. LNK/Strater telah menginfeksi lebih dari 10 juta pengguna windows dan dibulan ini telah menginfeksi lebih dari 500 ribu pengguna.

Itulah sepuluh jenis Malware yang paling sering menginfeksi di komputer atau PCmu sobat
semoga tulisan di atas bermanfaat.

Related Posts

No comments:

Post a Comment