Begini Pentingnya Cloud Storage Bagi Mahasiswa

Dijaman yang serba digital sekarang ini kebutuhan akan media penyimpanan semakin lama semakin meningkat. Tidak hanya soal kapasitas media penyimpanan saja namun, ukuran fisik serta bentuk dari media penyimpanan tersebut juga kuat terhadap aktivitas kita sehari-hari. Salah satu media penyimpanan tersebut yakni cloud storage atau penyimpanan online. Cloud Storage atau penyimpanan online yakni sebuah media penyimpanan secara online yang mengharuskan pengguna memiliki koneksi internet untuk mampu menggunakannya. File yang disimpan di cloud storage tidak tersimpan di dalam hardsik. Namun berada di dalam server si penyedia penyimpanan online tersebut.

Media penyimpanan online merupakan salah satu alternatif bagi orang-orang yang membutuhkan media untuk menyimpan suatu file yang dapat diakses dimanapun dengan menggunakan aneka macam macam platform. Dengan menggunakan cloud storage seseorang mampu mengakses file tanpa perlu membawa media penyimpanan eksternal ibarat flashdisk, microSD, hardisk eksternal dan lain-lain yang terkadang dengan ukuran dan bentuknya yang bermacam-macam membuat kita kesulitan untuk membawanya dan terkadang kita lupa untuk membawanya. Media penyimpanan online mampu diakses diberbagai macam platform ibarat smartphone, PC dan laptop kapanpun dan dimanapun asalkan kita terkoneksi dengan internet.

Sebagai orang yang memiliki mobilitas tinggi mahasiswa sangat memerlukan media penyimpanan yang mobile atau dapat diakses dimanapun kapanpun dikala dibutuhkan. Dengan adanya cloud storage mahasiswa tidak perlu galau lagi untuk mengirim file kepada dosen maupun teman. Selain itu mahasiswa juga tidak perlu lagi khawatir apabila file yang diperlukan tertinggal di dalam media penyimpanan eksternal. Karena dengan menyimpan di dalam cloud storage, mahasiswa dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun asalkan terkoneksi dengan internet.

Mengapa mahasiswa memerlukan cloud storage?
Seperti yang telah aku jelaskan di atas, bahwa mahasiswa memiliki mobilitas yang tinggi terutama bagi mereka yang aktif dalam bidang organisasi dan kepanitiaan. Dengan mengikuti aktivitas organisasi dan kepanitiaan tentu saja banyak file yang harus dikirimkan ke banyak pihak. Dengan menggunakan cloud storage mahasiswa tidak perlu lagi menyerahkan flashdisk yang nantinya akan dioper kepada banyak pihak. Dengan cloud storage mahasiswa tinggal menyerahkan link dari file yang diunggah ke dalam cloud storage dan orang-orang yang membutuhkan file tersebut mampu mengakses link tersebut sehingga dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga. Selain itu rawannya kasus pencurian di area kampus membuat kau harus ekstra hati-hati terhadap file-file penting yang ada di komputer, laptop dan smartphone kamu. Dengan adanya cloud storage, meskipun komputer, laptop dan smartphone kau hilang file-file penting yang ada di dalamnya akan tetap aman dan tidak akan ikut hilang.  

Apasih keuntungan dari cloud storage bagi mahasiswa?
Cloud storage memiliki aneka macam keuntungan bagi mahasiswa. Berikut ini yakni keuntungan yang dapat diperoleh oleh mahasiswa apabila menggunakan cloud storage sebagai media penyimpanan:
  1. Dapat mengurangi jumlah file yang ada di penyimpan internal dan menambah jumlah space kosong yang terdapat di dalamnya. 
  2. Tidak perlu membawa flashdisk, hardisk eksternal, CD dan SDcard kemana-mana. Sehingga mampu mengurangi resiko file tertinggal dan mengurangi barang bawaan.
  3. Mempermudah mengirim file kepada orang lain. Hal ini sangat efisien dikala mengirimkan file kepada banyak yang sulit apabila dikirim menggunakan email.
  4. Sebagai back up data yang ada di komputer dan laptop. 

0 Response to "Begini Pentingnya Cloud Storage Bagi Mahasiswa"

Post a Comment