Begini Tips Agar Mendapatkan Banyak Viewers Ketika Melakukan Live Streaming


Berkat aplikasi ibarat Bigo, Instagram, Facebook Live dan YouNow, streaming video dari ponsel kini menjadi menyenangkan, mudah, dan dapat membuat kita memperoleh popularitas. Tetapi sebelum memulai kau harus memastikan memiliki konten menarik yang pasti memerlukan beberapa inspirasi sebelum memulainya. Mari kita lihat beberapa cara untuk membuat Live Stream kau terlihat indah dan keren. Dengan memperhatikan beberapa tips berikut ini, kau akan memiliki dasar yang kuat untuk menimbulkan proyek live streaming mobile kau menjadi sukses.
Baca juga: Cara Membuat Live Video Di Facebook Menggunakan Smartphone
1. Bandwidth
Wi-Fi biasanya lebih disukai dibanding 4G, 3G atau koneksi mobile data lainnya alasannya ialah lebih stabil. Selain itu yang sering di perhatikan ialah biaya melaksanakan video streaming melalui sambungan mobile data dapat membuat tagihan membengkak alasannya ialah biaya yang harus dibayar sangat tinggi. Namun, apa pun koneksi yang kau gunakan, entah itu menggunakan Wi-Fi atau data selular, kau akan mengirim siaran berkualitas tinggi dari perangkat mobile kamu ke server layanan streaming, yang kemudian akan mengkonversi konten kau ke beberapa tingkat kualitas yang lebih rendah dan aneka macam format untuk memastikan setiap penampil mampu menerima streaming yang terbaik. Jika Live Streaming kau sedang dalam tahap direncanakan, kau mampu melaksanakan coba uji kecepatan bandwidth kamu terlebih dahulu (biasanya menggunakan aplikasi gratis, ibarat Speedtest) dan streaming terlebih dahulu, untuk memastikan Live Stream yang keluar dari perangkat mobile kau menggunakan 80% atau kurang dari bandwidth yang tersedia.

2. Pencahayaan
Menangkap video dari sebuah program eksklusif tidak akan memiliki banyak arti/nilai kalau penonton kau tidak dapat melihat subjeknya dengan baik. Di beberapa video, ada yang sudah menggunakan pencahayaan dengan baik, tetapi beberapa orang (seperti wawancara secara eksklusif di dalam ruangan atau di malam hari) masih membutuhkan sedikit sumbangan wacana pencahayaan. Untungnya, kini pilihan LED Portable semakin banyak, semakin murah, terang, ringan tersedia di aneka macam toko online.

3. Kestabilan
Kestabilan gambar akan kuat terhadap keminatan penonton untuk melihat live streaming yang kau lalukan. Kecuali kalau kau akan menampilkan video dengan tampilan gemetar secara sengaja ibarat The Blair Witch Project, maka kau harus memastikan video yang merekam acara kau stabil sehingga penonton kau tidak merasa pusing. Banyak aksesoris yang murah memungkinkan kau untuk menempatkan ponsel kau pada tripod. Atau menggunakan jenis yang sama ibarat monopod mungkin pilihan yang baik kalau kau melaksanakan gerakan sesekali. Untuk gambar yang full-motion, pilihan terbaik ialah membeli perangkat ibarat Steadicam Smoothee supaya kamera stabil dikala kau bergerak. 

4. Audio
Audio berkualitas tinggi sangat penting untuk mempertahankan penonton, audio yang buruk hingga menyebabkan audiens sulit mendengar atau terputus menjadi salah satu penyebab orang mengganti saluran lebih cepat daripada video yang bergetar atau video yang gelap. Kamu memerlukan mikrofon eksternal untuk memastikan penonton dapat mendengar semua kalimat yang anda ucapkan.

5. Baterai
Mengkompresi video mentah dari kamera ponsel kau menjadi sesuatu yang dapat disiarkan biasanya membutuhkan banyak editing yang menghabiskan daya, yang dapat menyebabkan baterai smartphone cepat habis. Jika kau sedang melaksanakan live streaming dengan durasi yang cukup lama, sebaiknya kau menyambungkan ponsel kau ke pengisi daya plug-in atau mampu juga menggunakan powerbank untuk memastikan siaran kamu tidak berhenti tiba-tiba alasannya ialah ponsel kehabisan baterai.

6. Gangguan Internal
Pastikan tidak ada panggilan telepon masuk atau pop-up pemberitahuan dari pesan singkat ibarat WA atau notif BBM yang menyebabkan terhentinya streaming live video kamu. Untuk memastikan kau tidak menerima gangguan, kau mampu menempatkan perangkat mobile kau dalam modue Do Not Disturb sebelum kau mulai melaksanakan live streaming.

7. Hak Cipta
Jika kau siaran dan akan menyertakan konten milik orang lain ibarat musik, game, video, atau pembacaan karya tertulis, kau mungkin perlu untuk memperoleh izin dari pemilik untuk menggunakannya. Memiliki CD, DVD atau buku yang berisi konten tidak berarti kau memiliki hak untuk menyebarkannya secara digital.
Baca juga: 5 Cara Menghindari Konten Berbahaya Internet Agar Puasa Kamu Tidak Sia-sia
Sekian tips yang dapat aku sampaikan, apabila kau memiliki tips lain yang belum aku cantumkan untuk meningkatkan viewers ketika melaksanakan live streaming, mampu kau tambahkan dalam kolom komentar dibawah. 

0 Response to "Begini Tips Agar Mendapatkan Banyak Viewers Ketika Melakukan Live Streaming"

Post a Comment