Kumpulan Informasi Terbaru Seputar, Teknologi, Aplikasi dan Tutorial Android.

Sunday, October 4, 2015

5 Tips Adaptasi Jadi Mahasiswa Baru Yang Baik

| Sunday, October 4, 2015
Setelah baru-baru ini hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN resmi diumumkan, maka siswa-siswa yang diterima atau lolos seleksi SNMPTN berarti sudah resmi menjadi seorang mahasiswa. Bagi kalian yang masih belum beruntung kalian tidak usah khawatir, alasannya ? masih banyak jalur-jalur lain yang dapat kalian ikuti contohnya seperti SBMPTN, Ujian Mandiri, PMDK dll. Jika kalian berhasil lolos seleksi dari jalur-jalur tersebut maka kalian juga akan menjadi seorang mahasiswa.

Nah dalam wacana ini menjadi mahasiswa untuk kalian yang baru saja masuk dan diterima menjadi mahasiswa atau biasa disebut dengan maba (mahasiswa baru) biasanya memerlukan beberapa pembiasaan untuk menghadapi teman-teman baru, kakak-kakak baru, dosen-dosen baru, lingkungan  baru dan lain sebagainya.

Nah berkut ini Tips Beradaptasi dan Menjadi Mahasiswa Baru Yang Baik:


1. Belajar Mengenal dan Menata Persepsi Dengan Lingkungan Baru
Untuk yang pertama ini dikhususkan buat sobat yang akan menjadi anak kost. Menjadi anak kost tidak semudah apa yang sobat kira. Menjadi anak kost berarti sobat harus mengikuti keadaan dengan lingkungan baru, orang-orang baru dan bahasa yang baru. Hal tersebut dapat dipermudah dengan cara bersosialisasi dan bersilahturahmi dengan tetangga kost maupun dengan penduduk setempat. Untuk sobat yang akan berkuliah di Yogyakarta daerah paling pas untuk bersosialisasi yaitu di warung-warung Burjo dan warkop . Dengan melakukan hal tersebut sobat dapat menghindari persepsi yang salah dengan cara membekali diri dengan hal yang dapat dari bersosialisasi dan sedikit demi sedikit sobat akan memahami lingkungan baru disekitarmu.

2. Jangan Malu Untuk Memulai Pembicaraan
Tips ini ditujukan untuk sobat yang merasa kurang pede atau ragu untuk memulai suatu pembicaraan. Biasakan diri untuk membuka pembicaraan dengan orang lain yang ada disekitarmu, walaupun hanya sekedar basa-basi namun orang yang memulai suatu pembicaraan akan dianggap sebagai orang yang hangat dan terbuka. Dan biasanya orang-orang yang suka memulai pembicaraan terlebih dahulu, akan disegani oleh teman-temanmu dan sobat akan mulai di kenal dalam sekejap. Tapi, hal yang harus diperhatikan saat sobat memulai suatu pembicaraan hendaknya gunakan bahasa yang santun dan sopan kepada orang yang baru di kenal.

3. Jadilah Pribadi Yang Terbuka
Membuka diri dengan lingkungan dan teman-teman yang baru akan bermanfaat dalam menjalani kehidupan perkuliahan dan kehidupan menjadi anak kost. Sering-sering lah kalian sharing dengan kakak-kakak senior dan tetangga-tetangga kost dan sobat harus terbuka saat mengalami situasi atau suatau masalah tertentu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu saat sobat bekerja dalam suatu kelompok, cobalah untuk menerima kepercayaan dari kelompokmu dengan melaksakan tanggung jawab yang dibebankan kepadamu. Hal tersebut dapat membuatmu menjadi orang yang mampu dipercaya, terkenal dan juga dapat membantumu mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja esok.

4.  Biasakan Diri Untuk Selalu Menolong
Menolong orang-orang disekitarmu dalam bentuk apapun akan membuat sobat menjadi langsung yang dikagumi oleh orang-orang. Misalkan jarak kampus dan kostmu lumayan jauh sehingga sobat  berangkat ke kampus menggunakan sepeda motor namun saat dalam perjalanan sobat melihat temanmu sedang berjalan menuju kampus dengan berjalan kaki dan jaraknya lumayan jauh dari kampusnya maka sobat coba tawarkan menolongnya dengan mengantarnya sampai kampus. Dengan berbuat demikian asalakan di niatkan iklas menolong sisi baiknya sobat dapat teman baru.

5. Hargai Budaya dan Aturan Sekitar
Ketika memasuki suatu lingkungan, sobat akan dihadapkan dengan peraturan dan kebudayaan yang sangat multikultural. Oleh karena itu, berusahalah untuk bisa mentaati semua peraturan yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Pada awalnya mungkin akan merasa canggung. Namun hal tersebut hanya masalah waktu dan lama kelamaan akan bisa dan terbiasa.

Related Posts

No comments:

Post a Comment