Begini 3 Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Hp Bootloop (Tanpa PC)

Begini Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Hp Bootloop (Tanpa PC) - Sebelum saya mulai membahas artikel ini, saya memiliki 1 pertanyaan yang saya rasa sangat mudah untuk di jawab, (tenang, bukan soal matematika kok).
Dan pertanyaannya itu adalah...
Seberapa seringkah sahabat mengoprek hp ?.
Sering ? Jarang ? atau Tidak Pernah ?....

Nah, jikalau jawabannya sering ataupun jarang, setidaknya kalian mendengar kata "Bootloop" kan ???.

Nah Bootloop itu adalah kata lain dari softbrick sob, yang artinya yaitu suatu keadaan di mana android tidak mampu memasuki desktop (halaman utama), dan hanya tertahan hingga logo atau boot animation saja.

Dan perlu di ketahui juga, jikalau penyebab hp bootloop itu ada banyak sob, dan di antaranya itu yaitu :
  • Flashing file yang tidak jelas
  • Memflash custom rom yang tidak cocok dengan firmware (biasanya alasannya beda model).
  • Merubah atau mengedit sistem file, contohnya Build.prop.
  • Merubah file permission sebuah file
  • Mematikan hp secara paksa ketika sedang booting
  • Menggagalkan proses update firmware
hhhmm, jikalau di lihat dari penyebabnya sih, dapat di simpulkan jikalau hampir setiap orang (termasuk sobat) yang sudah melaksanakan "Ngoprek", pasti pernah mengalami Bootloop.

Jujur aja deh sob, hehehe.....

Nah tapi, jangan hingga alasannya bootloop aja, kalian hingga tidak berani oprek lagi, padahal ngoprek itu seru banget, dan jikalau suatu ketika hp kalian tiba-tiba error, kalian mampu benerin sendiri tanpa perlu ke konter.

Makara yang namanya ngoprek itu pasti ada resikonya, tapi ada juga solusinya, dan saya dulu juga pernah bootloop kok, malahan saking seringnya, saya sampe gak inget udah berapa kali kena bootloop.

Makara bootloop itu masih mampu di atasi, TERGANTUNG dari tingkat permasalahannya sob.

Nah, bootloop ini memiliki 3 kategori tingkat permasalahan sob, di mulai dari Easy (Mudah/Ringan), medium (Sedang), hingga Hard (Susah/Berat).

Berikut Penjelasan dari 3 Tingkat Permasalahan Pada Hp Bootloop

#1. Bootloop Ringan - Easy.

Bootloop yang satu ini terjadi alasannya operating sistem terlalu banyak memproses aplikasi (Khususnya Game Berat) sehingga hp tiba-tiba saja eksklusif bluescreen atau freezz.

Setelah bluescreen, biasanya akan terjadi bootloop namun bukan ketika booting, melainkan ketika di halaman utama atau desktop. - Pernah mengalami

#2. Bootloop Sedang - Medium.

Bootloop yang satu ini biasanya paling sering terjadi setelah Flashing rom baru, menginstall tweaks, mengedit build.prop, dan salah flash gapps.

Tapi, bootloop dalam kasus ini masih terbilang sedang loh, alasannya hp masih mampu memasuki custom recorvery, sehingga sangat mudah untuk mengatasinya. - Sering mengalami bangeeettttt

#3. Bootloop Berat - Hard.

Nah, untuk bootloop yang satu ini yaitu kasus bootloop yang paling dahsyat dampaknya sob, alasannya sahabat tidak mampu memasuki custom recorvery sama sekali, bahkan untuk menyambung USB ke komputer atau laptop itu juga susah.

Nah, jikalau sudah menyerupai ini, biasanya emmcnya sudah kena (emmcnya error), sehingga untuk ngebetulinnya pasti susah, dan emmcnya itu perlu di ganti baru. - Belum pernah (amit-amit).

Gimana ??? sekarang sudah tau apa itu bootloop kan ???......

Karena sudah tau, sekarang mari kita beralih ke cara mengatasi hp bootloop.

Nah, berdasarkan pengalaman saya, untuk mengatasi hp bootloop (Ringan - Medium) itu terdapat 3 cara yang terbukti ampuh banget.

Dan semuanya akan saya bahas secara detail, Makara harap di perhatikan baik-baik ya..

Berikut 3 Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Hp Bootloop.

1.Reboot Biasa :

Untuk bootloop kategori ini, sahabat mampu mengatasinya dengan cara mematikan hp, nah setelah hpnya benar-benar sudah mati, copot baterai hpnya > pasang lagi > kemudian nyalakan hpnya.

2.Penghapusan Dalvik Cache, dan Cache Partition :

Untuk cara kedua ini, pastikan di hp sahabat sudah terpasang custom recovery yaa, mampu CWM atau TWRP.

Caranya :

#1. Matikan hp, kemudian boot ke dalam Custom Recovery.

INGAT Beda merek hp, beda juga cara memasuki custom recoverynya sob, dan untuk caranya sahabat mampu cari caranya di google.

Contohnya : untuk memasuki custom recovery mode pada merek lg l70, di lakukan dengan cara menekan Tombol Volume Bawah + Home + Power.

#2. Jika sudah masuk ke dalam custom recovery, sahabat mampu pilih Wipe Dalvik Cache, dan Wipe Cache Partition.

A. Cara abolisi Untuk CWM : setelah memasuki CWM, sahabat mampu eksklusif melihat, dan memilih opsi Wipe Cache Partition.

3 Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Hp Bootloop (Tanpa PC)
Sumber : google

Dan untuk opsi Wipe Dalvik Cache, sahabat mampu memasuki opsi Advance terlebih dahulu.

B. Cara abolisi untuk TWRP  : setelah memasuki TWRP, sahabat mampu membuka opsi Wipe > Advance Wipe > Lalu pilih Dalvik Cache, dan Cache SAJA > Jika sudah, pilih Swipe to Wipe

3 Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Hp Bootloop (Tanpa PC)

3 Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Hp Bootloop (Tanpa PC)

Jangan pilih "Swipe to Factory Reset"

3 Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Hp Bootloop (Tanpa PC)

Pilih Dalvik Cache, dan Cache SAJA

#3. Setelah proses penghapusannya sudah selesai, segera lakukan reboot.

#4. Dan pada ketika reboot, hp android akan mengoptimasi semua aplikasi, dan kira-kira akan memakan waktu sekitar 5-10 Menit (Tergantung banyaknya aplikasi), jadi hpnya jangan di matiin dulu yaa.

Apabila setelah melaksanakan cara di atas bootloopnya belum teratasi, sahabat mampu mengulangi cara di atas, tapi cukup Pilih Wipe data/Factory Reset saja

3. Flash Ulang Rom :

Apabila cara kedua tidak berhasil, sahabat mampu menggunakan cara ini, tapi harap pastikan jikalau di hp sahabat sudah tersimpan file Custom Rom/Rom yang sudah siap flashing.

Nah. Jika filenya ada, tempatkan file tersebut ke dalam SDCARD / Memory Eksternal (Bikin folder gres lalu tempatkan di situ, biar nanti gampang nyarinya).

Jika semua sudah siap, backup dulu seluruh data sobat, alasannya pada cara ini, kita juga akan menggunakan factory reset.

Caranya :

#1  Matikan hp, kemudian boot ke dalam Custom Recovery, mampu CWM atau TWRP.

INGAT Beda merek hp, beda juga cara memasuki custom recoverynya sob, dan sahabat mampu cari caranya di google.

Contohnyauntuk memasuki custom recovery mode pada merek lg l70, di lakukan dengan cara menekan Tombol Volume Bawah + Home + Power.

#2. Kemudian lakukan Factory Reset/Wipe data dulu, alasannya hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya error ketika flashing

#3. Untuk memflashing rom, ikuti cara di bawah ini :

A. Cara flash rom untuk CWM :

Caranya itu pilih Install zip > pilih Choose zip from /external_sd > CARI FILE YANG SOBAT TEMPATKAN TADI > jikalau filenya sudah ketemu, eksklusif pilih filenya > pilih Yes.

Tunggu prosesnya hingga selesai, lalu segera lakukan reboot.

B. Cara flash rom untuk TWRP :

Caranya itu pilih Install > pilih Storage USB Storage > pilih micro SDcard > CARI FILE YANG SOBAT TEMPATKAN TADI >  jikalau filenya sudah ketemu, eksklusif pilih filenya > Swipe To confirm Flash.

Tunggu prosesnya hingga selesai, lalu lakukan reboot.

Nah itu lah cara untuk mengatasi bootloop ringan hingga sedang, dan jikalau cara yang saya berikan masih tidak mampu juga, berarti hp sahabat mengalami bootloop tingkat hard (berat).

Tanya : Terus, untuk mengatasi bootloop yang berat itu gimana bang ?.

Nah, sahabat jangan menggunakan cara di atas, sebaiknya hpnya di bawa ke tukang service hp aja, JANGAN di bawa ke service center, soalnya hp sahabat akan di tolak, biasanya sih gara-gara garansinya sudah hilang.

Nah, jikalau hpnya sudah sembuh, dan sahabat tidak ingin mengalami bootloop lagi, ada baiknya sahabat ikut tips-tips di bawah ini nih :

Berikut 4 TIPS dari , untuk Terhindar dari Bootloop 

#1. Jangan flash, atau install file sembarangan

Walaupun bukan penyebab utama, saya rasa hal ini mampu juga mengakibatkan bootloop, alasannya dengan mendownload file sembarangan, kita tidak mampu mengetahui apakah file tersebut corrupt atau tidak.

Jadi, jikalau mau unduh file, harap berhati-hati ya sob.

#2. Kalau mau flash custom rom, harap di perhatikan dulu modelnya

Ini penting banget, alasannya kemarin saya gres aja kena bootloop, dan penyebabnya yaitu saya salah flashing model custom rom.

Jadi, jikalau sahabat mau flash custom rom, harap di perhatikan baik-baik modelnya yaa.

Contoh model custom rom :

3 Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Hp Bootloop (Tanpa PC)

Saya mengalami bootloop alasannya saya bukan menggunakan model w5, tapi saya malah menggunakan model w3ds.

#3. Kalau masih awam soal sistem, jangan sok-sok an negoprek sistem file.

Saya rasa ini tidak usah di jelaskan, dan jikalau sahabat ingin mempelajari soal sistem, sahabat mampu berguru di XDA - Developer, atau Reddit.

#4. Kalau mau flashing GAPPS, sesuaikan dulu dengan tipe OS hpnya

Nah ini juga mampu mengakibatkan bootloop sob, alasannya kita tidak mampu memasang GAPPS os kitkat, pada hp yang berOS lollipop,

Fiuhhhh kesudahannya selesai juga membahas penyakit hp android yang satu ini.

Sooo, apabila sahabat memiliki pertanyaan seputar bootloop, jangan sungkan untuk berkomentar di bawah, saya akan senang hati membaca, dan membalas komentar sahabat secepatnya

Sumber gambar : google, cyanogenmod & mrci

0 Response to "Begini 3 Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Hp Bootloop (Tanpa PC)"

Post a Comment