Inilah 10 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Inilah 10 Cara Menghemat Kuota Internet
Pemakaian kuota Internet sudah seperti kebutuhan primer dapat di lihat dari
tolak ukur pengguna ponsel pintar di Indonesia yang semakin bertambah setiap
hari, bulan dan tahun, kuota internet bisa di dapatkan kalau sahabat membeli pulsa kemudian memasang paket, nah terkadang paket yang kita pasang itu ada yang di batasi, dan ada yang tidak, sahabat pasti taulah.

Biasanya yang namanya kuota internet itu kadang cepet habis, dan kadang tidak tergantung dari penggunaannya sendiri apalagi sekarang kemudahan Untuk mencari informasi apa saja sudah tersedia di internet seperti mencari informasi lewat media blog ataupun yang langsung bisa di lihat seperti youtube dan lain sebagainya.

Ngomongin Soal kuota internet, kebetulan pada artikel kali ini aku ingin memperlihatkan cara yang sebelumnya sudah aku coba, yaitu 10 Cara Menghemat Kuota Internet Hingga Akhir Bulan di android, dan berikut caranya.

Berikut 10 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

1. Gunakan Fitur "Data Saver" yang Ada di Browser.

Fitur Data Saver dapat bisa menghemat kuota internet, alasannya dapat mengkompres sebagian kuota yang terambil dikala sedang internetan.

Fitur tersebut dapat sahabat temukan di Google Chrome, dan Opera Mini. untuk google chrome sahabat bisa ke Setting > Data Setting > On, dan untuk Opera Mini sahabat bisa ke Setting > Data Savings.

2. Gunakan Aplikasi yang Mampu Menghemat kuota.

Dari namanya saja kita sudah tau fungsinya, yup untuk membuat kuota makin hemat. aplikasi yang bisa sahabat gunakan untuk menghemat kuota salah satunya yaitu Opera Max.
9 Cara Menghemat Kuota Internet Hingga Akhir Bulan

Cara kerja aplikasi tersebut yaitu mengkompress kuota yang keluar dikala sahabat sedang online di sosmed, youtube, ataupun game.

9 Cara Menghemat Kuota Internet Hingga Akhir Bulan


#3 Atur limit Penggunaan Data Mengatur penggunaan data memang perlu alasannya kita bisa mengetahui, dan mengukur berapa banya data atau kuota yang akan kita gunakan.

Untuk membatasi atau membuat limit data, sahabat bisa pergi ke Setting > Data > Data Usage > aktifkan Set Mobile Data Limit. kemudain sahabat juga perlu merubah "limit" serta "warning".

#4. Matikan Auto Update di Google Play Store.

Auto Update merupakan fitur google play store yang memiliki kegunaan untuk mengupdate aplikasi atau game secara otomatis.

Namun, mengapa sahabat perlu mematikan auto update ?

Jawabannya yaitu alasannya auto update akan memakan kuota, bila settingannya masih Auto Update Apps at Any Time

Kaprikornus untuk mengatasinya sahabat perlu membuka Google Playstore > Setting > Auto-Update Apps > Pilih "Do not auto-update apps" atau "auto-update apps over WiFi only.

#5. Matikan Koneksi untuk Beberapa Aplikasi

Aplikasi yang membutuhkan koneksi, misalnya menyerupai sosmed itu kalau di matikan akan tetap menguras kuota dikala koneksi/data aktif, dan untuk mengatasinya lihat cara di bawah ini.

Silahkan sahabat menuju Setting > Data Usage > pilih aplikasi (apapun), Google Chrome misalnya > Kemudian aktifkan Restrict app background data.

Restrict app background data sangat membantu sob, alasannya dapat mencegah aplikasi menggunakan koneksi dikala tidak di aktifkan.

#6. Matikan Koneksi bila Tidak di Gunakan.

Kalau sahabat lagi sekolah, ngampus, dan bekerja sebaiknya koneksi segera sahabat matikan bila benar-benar tidak di gunakan.

Karena apabila koneksi tetap aktif :
  1. Batterai cepat berkurang.
  2. Koneksi akan terambil oleh aplikasi yang butuh internet, contohnya menyerupai sosmed.
Jika sudah tamat melaksanakan aktifitas gres lah nyalakan koneksi kembali.

#7. Gunakan WiFi bila ada

Untuk cara nomor 7 bisa sahabat gunakan sebagai cara cadangan, alasannya menurut aku spot-spot WiFi di indonesia masih kurang banyak, dan kalau pun ada juga di password.

#8. Matikan Auto Sync

Auto Sync itu memiliki kegunaan untuk mengsinkronisasi atau agar lebih terperinci sync itu berfungsi merefresh.

Kaprikornus setiap kali sahabat menggunakan Auto Sync maka akan terus menerima berita atau update, misalnya dari aplikasi Gmail.

Kalau menurut saya, mematikan Auto Sync itu perlu, tapi perlu di batasi juga alasannya beberapa aplikasi ada yang membutuhkan Auto Sync menyerupai Gmail, Kontak, dan Kalender.

#9. Hapus Widget Cuaca di Homescreen

Widget berfungsi sebagai pemanis tampilan homescreen tapi sahabat juga perlu memperhatikan widget apa yang sahabat pasang,
Contohnya widget cuaca, widget tersebut berfungsi menampilkan kondisi cuaca dikala ini dan tau kah kalau widget tersebut butuh koneksi setiap saat.

Tidak hanya widget cuaca, disarankan juga untuk tidak memasang widget yang memerlukan koneksi internet agar menghemat baterai dan kuota data internet ponsel.

#10.Hapus Aplikasi yang jarang di pakai

Apabila tidak terlalu sering di gunakan sebaiknya hapus aplikasi yang jarang di pakai atau dengan alternative ke dua sumpan apliksi di memory card agar nanti tidak perlu mendownload ulang untuk menggunakanya kembali

Itulah kesepuluh cara menghemat kuota data Internet
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah 10 Cara Menghemat Kuota Internet di Android"

Post a Comment