Apa Itu Mining Bitcoin

Sejauh ini perkembangan mata uang digital khususnya bitcoin mengalami kenaikan harga yang bisa di bilang sangat fantastis karena nilai tukar ke rupiah hampir menembus 57 juta per 1 Btc pada bulan agustus 2017.

https://budayakanberbagi.blogspot.co.id

Mungkin dulu saya sendiri pernah sempat bertanya-tanya kok bisa mata uang tak berwujud fisik ini sangat berharga dan di pakai sebagai alat transaksi pembayaran tingkat global lalu bagaimana proses mata uang digital bitcoin diciptakan.

Baca juga : Apa Itu Mata Uang Digital Bitcoin ?
Proses mata uang digital khususnya bitcoin diciptkaan melalui proses mining , begini penjelasanya :

Mining Bitcoin adalah suatu proses menambang/menggali bitcoin.
lalu bagi orang yang melakukan mining ini mendapat julukan miner
proses penambangan  sendiri di jalankan menggunakan komputer canggih yang mampu mengoprasikan alogaritma matematika yang sangat kompleks untuk menemukan mata rantai blok baru sehingga terciptalah bitcoin.

Jadi setiap blok baru di temukan maka para miner akan di hadiahi sejumlah bitcoin dari sistem dan komputer yang dipakai oleh para miner harus mampu beroprasi selama 24 jam full untuk melakukan sistem program mining.

Adapula kendala yang di hadapapi oleh para penambang diantaranya adalah :

  - kesulitan komputasi.
  - kesulitan metrik.
  - penghargaan blok baru dari sistem.
  - Biaya asumsi listrik.
  - Biaya perawatan hardware dan   software dan perangkat   seperti kartu grafis yang digunakan.

Untuk menjaga Ekosistem mining para miner harus memperhatikan hal di bawah ini:
  - Perangkat keras
  - Cpu mining
  - Pertambangan GPU
  - Pertambangan EFGA
  - Pertambangan Asic
  - Jasa pertambangan
  - Mining pool
  - Sejarah pertama blok yang  dihadiahkan ke penemu blok baru dari sistem sebesar 50 bit dan di mulai pertama pada tanggal 3 januari 2009 dan akan terus berkurang setiap empat tahun sekali.

Adanya penambang sangat penting dalam penciptaan mata uang digital bitcoin ini selain ikut berperan kuat menjaga jaringan bitcoin mereka juga bisa meraup untung besar dari aktifitas pertambangan ini tetapi hasil memang setara dengan modal yang cukup besar pula yang di keluarkan untuk membeli perangkat dan peralatan oleh para miner ini.

Seiring dengan perjalan waktu ke waktu setiap empat tahun sekali para miner akan mengalami halving day dimana setiap blok baru yang ditemukan oleh para miner maka sistem akan memberi reward setengahnya.
Sebagai contoh :
seorang miner sebelum halving day akan mendapat 50 btc lalu setelah halving day akan mendapatkan 25 btc.

kurang lebih seperti itu tentang arti mining bitcoin di karenakan setiap proses mining mengalami perubahan dan menemukan hal baru dari waktu ke waktu mungkin ada yang mau menambahkan kesulitan mining , peralatan mining , hard ware dan soft ware di article di atas silahkan tinggalkan komentar di bawah agar saling melengkapi.

0 Response to "Apa Itu Mining Bitcoin "

Post a Comment